.


Jumat, 02 September 2011

Kaidah-Kaidah Manajemen


KAIDAH-KAIDAH UTAMA MANAJEMEN

Untuk mengingatkan atau mengulang kembali kaedah-kaedah manajemen yang sering terungkap (utama) dalam pembahasan konsep-konsep dasar manajemen, maka dengan penuh kerendahan hati kami memaparkan sekelumit butir-butir bahasan berikut ini.
  • Kaidah-kaidah utama manajemen memadukan topik-topik mutakhir dan tradisional serta mengorganisirnya disekitar pendekatan fungsional, atau proses manajemen. Meskipun pendekatan lain telah dikembangkan, pendekatan fungsional atau proses ini tetap merupakan sebuah kerangka kerja yang bersifat umum, dan fleksibel untuk menggabungkan berbagai sudut pandang berkenaan dengan kaedah-kaedah utama manajemen.
  • Kaedah-kaedah utama manajemen ini ditujukan bagi para manajer pemula dan berpengalaman yang berusaha mencari informasi termutakhir berikut tinjauan yang melandasinya. Selain itu, hal ini ditujukan pula bagi para profesional termasuk pendidik dan teknikal yang bekerjasama dengan kalangan manajer dan/ atau perlu melaksanakan aktivitas manajemen.
Pemaparan berkenaan dengan kaedah-kaedah utama manajemen, kami bagi ke dalam enam butir yang riciannya seperti berikut ini,

Butir I. Pengantar Manajemen, yang mencakup:
  • Manager Jobs: Menjelaskan sifat dari aktivitas manajerial dengan suatu penekanan khusus pada fungsi, tugas, wewenang, dan tanggung jawab manajerial.
  • International Management and Cultural Diversity: Menjelaskan cara kerja para manajer dan profesional lainnya di dalam lingkungan keragaman kebudayaan.
  • Information Technology and the Internet: Menjelaskan bagaimana teknologi informasi dan komunikasi (ICT), termasuk Internet dan e-commerce, mempengaruhi aktivitas seorang manajer.
  • Ethics and Social Responsibility: Menjelaskan berbagai aspek moral dan etika dalam ruang lingkup manajemen, yang mencakup pula cyber-ethics dan netiquette, atau perilaku yang dapat diterima dalam penggunaan Internet dan e-mail pada khususnya.
 Butir II. Perencanaan, yang mencakup:
  • Essential of Planning: Menjelaskan kerangka kerja umum dalam aktivitas perencanaan seorang manajer, termasuk pula bagaimana memadukan Internet kedalam aktivitas tersebut.
  • Problem Solving and Decision Making: Menjelaskan dasar-dasar pengambilan keputusan, dengan suatu penekanan pada kreativitas dan aspek-aspek keperilakuan lainnya.
  • Quantitative Techniques for Planning and Decision Making: Menjelaskan berbagai teknik kuantitatif dalam perencanaan dan pengambilan keputusan, seperti analisis titik impas, PERT, dan metode penjadualan produksi barang dan/ atau jasa.
 Butir III. Pengorganisasian, yang mencakup:
  • Job Design and Work Schedules: Menjelaskan bagaimana berbagai aktivitas dipersiapkan, disusun, dan dijadualkan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan kepuasan pelanggan.
  • Organization Structure, Culture, and Change: Menjelaskan bagaimana berbagai aktivitas dituangkan dalam suatu struktur organisasi, bagaimana membangun budaya organisasi, serta bagaimana mendinamisasikannya terhadap perubahan-perubahan lingkungan eksternal.
  • Staffing and Human Resource Management: Menjelaskan berbagai metode dalam merekrut sumber daya manusia ke dalam organisasi, untuk kemudian dilatih, dan dievaluasi; dan akhir-akhir ini termasuk pula bagaimana intervensinya, seperti hak tunjangan, dalam rangka mempertahankan dan mengikat sumber daya manusia (retensi).
Butir IV. Pengarahan, yang mencakup:
  • Leadership: Menjelaskan berbagai pendekatan yang berkenaan dengan aspek kepemimpinan yang perlu dimiliki bagi seorang manajer, termasuk bermacam keterampilan dan karakteristik pribadi yang dapat memberikan kontribusi pada efektifitas kepemimpinan.
  • Motivation: Menjelaskan tentang apa yang dapat dilakukan seorang manajer untuk meningkatkan bawahannya kearah pencapaian sasaran kerja.
  • Communication: Menjelaskan tentang kompleksitas permasalahan yang dihadapi dalam penyampaian dan penerimaan pesan yang akurat; termasuk pula hambatan-hambatan dalam berkomunikasi seperti percakapan yang tidak jujur, dan tidak efektif di tingkat global.
  • Teams, Groups, and Teamwork: Menjelaskan berbagai karakteristik yang perlu dimiliki pada kerja tim (beregu) dan bagaimana mengembangkan anggota tim untuk bekerja secara kooperatif.
Butir V. Pengendalian, yang mecakup:
  • Essential of Control: Menjelaskan suatu tinjauan atas pengukuran dan pengendalian kinerja organisasi; termasuk disini bagaimana seorang manajer memonitor kinerja tersebut melalui serangkaian rasio-rasio keuangan.
  • Managing Ineffective Performers: Menjelaskan berbagai pendekatan berkenaan dengan penanganan kinerja manajer yang tidak atau kurang efektif agar dapat diperbaiki dan/ atau ditingkatkan.

Butir VI. Mengelola Kesuksesan Individu, yang mencakup:
  • Enhancing Personal Productivity and Managing Stress.
Butir terakhir ini menjelaskan bagaimana kesuksesan individu dapat dipertahankan dan/ atau ditingkatkan melalui pengembangan deskripsi dan tata kerja, serta penerapan manajemen waktu dan last but not least bagaimana mencegah dan mengendalikan stress atau tekanan kerja.
05 Agustus 2011

0 komentar:

Posting Komentar