.


Selasa, 21 Februari 2012

Rangkaian Kolom Kluster I: Manajemen Berbasis Kompetensi


MANAJEMEN BERBASIS KOMPETENSI

Belakangan ini kata manajemen menjadi kata yang sedemikian populer diperbincangkan di mana-mana, mulai di ruang perkuliahan, forum seminar, media masa, forum bisnis, dan bahkan di sidang kabinet hingga percakapan di teras-teras kafe.
Demam mengenai topik manajemen, baik sebagai bahan diskusi formal atau sekedar snobisme pribadi tengah melanda kehidupan kita. Dari hari ke hari, semua kalangan di Indonesia mulai terbiasa membicarakan manajemen dengan masing-masing pemaknaannya, walaupun disadari ataupun tidak, mis-manajemen masih tetap merebak dimana-mana. Sebagai ilustrasi, mendiang Peter Drucker  pernah melontarkan keluhan dirinya mengenai keganjilan dan kegagalan manajemen yang ditemuinya diberbagai negara dikarenakan para manajer tidak bertindak, berfikir, dan memahami manajemen sebagaimana yang semestinya.
Berbeda halnya, bagi kalangan yang lebih terdidik, manajemen lazimnya akan cenderung dipersepsikan dan diasosiasikan dengan kepemimpinan. Respon seperti ini tentu saja wajar, karena pada dasarnya kepemimpinan merupakan materi bahasan yang acap kali menyita porsi terbesar dari setiap ulasan yang menyangkut aspek manajemen.
Disamping itu, akan terungkap pula nuansa lain, yang juga cukup menarik untuk direnungkan ketika kita tengah memperbincangkan manajemen, yakni pada sisi kontroversialnya. Sampai saat ini masih diperdebatkan, apakah manajemen itu sudah patut disebut sebagai sebuah ilmu, atau lebih praktis jika diberi predikat sebagai sebuah seni, atau merupakan kombinasi dari keduanya. Diskusi dan perdebatan pemikiran yang demikian, sesungguhnya telah berlangsung di belahan dunia barat sejak berpuluh-puluh tahun lampau, dan hingga detik ini masih belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, walaupun sudah begitu banyak buku dan jurnal manajemen diterbitkan.
Awal dari diskusi dan perdebatan tadi sesungguhnya bersumber dari pertanyaan filosofis yang berakar pada dimensi kepemimpinan sebagai salah satu bagian terpenting dari manajemen. Apakah deskripsi akademis maupun praktis tentang kepemimpinan itu sudah layak dikategorikan sebagai ilmu pengetahuan ataukah untuk sementara waktu ini lebih proporsional jika diberi predikat sebagai seni keterampilan?. Dalam hal ini masih tersirat adanya keraguan para pakar dan praktisi manajemen untuk memutuskan silang pendapat tersebut agar terumuskan aksiomatik baku mengenai aspek kepemimpinan.
Terdapat anggapan dari sebagian kalangan pakar dan praktisi manajemen, bahwa faktor determinan seseorang agar dapat diprediksikan memiliki kapasitas pribadi untuk memimpin, jika telah melekat setumpuk bakat bawaan pada dirinya sejak lahir. Pada sisi lain, terbuka suatu anggapan, bahwa munculnya kemampuan untuk memimpin, terutama lebih ditentukan oleh faktor keuletan individu dalam meraih berbagai pendidikan, pelatihan serta pengalaman memimpin secara bertahap dan berkesinambungan akan menempa karakter dirinya sendiri untuk menjadi seorang pemimpin.
Berbagai upaya merenungkan dan mencari jawaban dari pertanyaan filosofis-kontroversial, mau tidak mau akan menggiring kita untuk meneropong dimensi manajemen dan kepemimpinan yang lebih kompleks, yakni sumber daya manusia .
Secara historis, pemahaman terhadap sumber daya manusia itu sendiri, yang secara spesifik berkaitan dengan kajian perilaku organisasi dan yang secara keseluruhan berada pada ruang lingkup perilaku manusia, kesemuanya adalah merupakan faktor penentu yang memegang peranan kunci bagi keberhasilan pengejawantahan manajemen dan kepemimpinan dalam suatu sistem keorganisasian terpadu untuk meraih tujuan tertentu.
Oleh karenanya, wajarlah jika dari waktu ke waktu terdengar keluhan dan kesulitan dari banyak kalangan terdidik dalam bidang manajemen untuk mencoba menerapkan pengetahuan teoritikalnya, sesuai dengan apa yang telah mereka pelajari di bangku kuliah yang bersumber dari berbagai kepustakaan barat. Bahkan tidak jarang dijumpai dampak yang kontra-produktif ketika mereka mencoba menerapkan kaidah-kaidah manajemen yang bersifat altruistik dan  profesional diberbagai tingkatan organisasi.
Berdasarkan berbagai pengalaman maupun kontemplasi pribadi di kancah dunia manajemen, baik yang berkaitan dengan aspek strategikal maupun aspek taktikal operasional, maka untuk sementara dapat disimpulkan bahwa keberhasilan manajerial tidak semata-mata ditentukan oleh penguasaan teori manajemen melulu yang bersifat rasional, namun perlu juga dibarengi seni keterampilan memimpin yang mengandalkan pada ketajaman intuitif-emosional dan politis-situasional.
Hal ini berarti kegigihan kita semua, untuk mendalami ilmu pengetahuan manajemen secara akademik yang mumpuni, tentunya bukanlah sesuatu yang sia-sia dan tanpa arti belaka. Namun demikian, patut pula diingat kembali, bahwa hal itu tidak mungkin menjamin adanya pemahaman yang utuh mengenai dinamika manajemen pada sebuah organisasi yang kita pimpin di Indonesia, dengan sumber daya manusianya yang sejak awal sudah terbiasa dengan  kaidah moral ketimuran dan latar belakang identitas budaya etnikal pada masing-masing daerah yang khas dan unik.
Perlu kita sadari bersama, bahwa berbicara mengenai sumber daya manusia selaku manajer di berbagai organisasi, khususnya di belahan timur seperti di Indonesia, baik pada posisi dirinya selaku pekerja, rekan kerja, pemimpin kerja maupun anggota keluarga, seringkali perilaku dan motivasi kerja mereka tidak selalu bergerak mengikuti pola pikir linier-mekanistis, dan juga tidak semata-mata ditentukan oleh kompensasi yang bersifat material-finansial sejalan dengan kaidah-kaidah manajemen nalar-rasional pada umumnya. Namun sangat dipengaruhi pula oleh pola hubungan-humanis dan sistem kompensasi yang memperhatikan sisi lain kemanusiaan yang bersifat immaterial-afeksional, seperti penghargaan, jenjang karir, pujian dan suasana kerja yang hirarkis-struktural.
Dengan adanya aspek kultural-empiris demikian, kita semua menyadari bahwa di dalam menerapkan kaidah-kaidah manajemen yang bersifat nalar-rasional, disamping perlu dibekali kompetensi, perlu juga diimbangi dengan keberaniaan berimprovisasi, sebagaimana batasan dasar manajemen yang seringkali diungkapkan sebagai berikut: “Management is getting things done through and with other people”; yang menegaskan bahwa menjalin ketrampilan hubungan antar manusia menduduki peran yang teramat penting, disamping ketrampilan konseptual maupun teknikal.
Sekali lagi, sebagaimana diketahui bersama, bahwa baik secara teoritikal keilmuan maupun seni praktikal, manajemen tidak pernah menawarkan sebuah langkah solutif universal untuk memecahkan berbagai permasalahan organisasi dalam upaya mencapai tujuannya. Sejalan dengan hal ini perlu disadari, dinamika lingkungan organisasi akan sangat berpengaruh terhadap proses pengambilan keputusan manajerial, lebih-lebih di dalam keputusan yang memiliki muatan strategikal.
Oleh karenanya, kondisi demikian memberikan implikasi bagi kita, bahwa penerapan manajemen yang efektif senantiasa bersifat situasional-kondisional, termasuk pula di dalamnya seting lingkungan keorganisasian dimana sumberdaya manusia berkiprah. Dengan demikian, pembahasan mengenai kompleksitas organisasi yang terkait di dalamnya, yaitu aspek keberagaman sumber daya manusia, meliputi antara lain tingkat pendapatan, latar belakang budaya, agama, etnis, dan gender, belakangan ini telah menjadi perbincangan yang hangat di kalangan manajer menengah atas.
Disamping itu, arus globalisasi yang merebak ke seluruh penjuru dunia sejak dekade 1980-an, dibarengi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesatnya, telah pula merubah kompleksitas dan dinamika lingkungan, yang mendorong semakin meningkatnya besaran intensitas persaingan antar organisasi, sejalan dengan tumbuhnya kesadaran baru di kalangan manajemen perihal pentingnya aspek kompetensi manajerial. Bahkan keunggulan bersaing tradisional yang dimiliki suatu negara, seperti biaya tenaga kerja, dimana modal dan bahan baku tidak akan efektif lagi untuk terus menerus dipertahankan, mengingat manfaat ataupun nilai tambah yang diciptakan oleh keunggulan tersebut belakangan ini sudah dapat disubstitusikan melalui strategi outsourcing global. Oleh karenanya, muncullah keyakinan dan kebulatan tekad, bahwa di tengah-tengah situasi pasar yang sangat kompetitif pada abad ke 21 ini, penerapan manajemen yang berbasis kompetensi merupakan hal yang bersifat conditie sini qua non bagi suatu organisasi yang berambisi menciptakan keunggulan bersaing secara berkelanjutan, baik yang ingin diraihnya melalui strategi kepeloporan biaya, diferensiasi, maupun fokus.
Berbicara mengenai aspek kompetensi, sesungguhnya hal ini bukanlah merupakan konsep baru, bahkan hal ini sudah ada sejak tahun 1970-an di Amerika Serikat. Namun demikian, untuk lebih memahami kompetensi ini, ada baiknya jika kita terlebih dahulu memilah pengertian sumberdaya dan kapabilitas selaku determinan penting kompetensi pada suatu organisasi.
Sumberdaya itu sendiri sesungguhnya merupakan input produktif dalam proses manajemen dimana ketersediaan, kualitas, kebaruan dan nilai sinergitasnya akan mempengaruhi keberlangsungan hidup suatu organisasi. Sebagaimana yang telah kita ketahui, hal ini dapat dibedakan ke dalam aktiva nyata, yakni yang merupakan keseluruhan alat-alat fisik yang digunakan suatu organisasi dalam menyuguhkan nilai tambah bagi pelanggannya; dan aktiva tidak nyata, yakni yang merupakan sekumpulan aktiva yang pada dasarnya tidak dapat diraba atau dilihat oleh indera mata, seperti halnya merek produk yang dikenal dan terpercaya. Juga halnya reputasi organisasi yang baik, pekerja yang kreatif dan berpengalaman, serta kesatuan budaya organisasi yang telah dihayati secara utuh.
Berbicara mengenai kompetensi, maka sumberdaya manusia memainkan peranan yang substansial dan esensial, dikarenakan di satu sisi merupakan human capital dan active agent bagi pengembangan suatu organisasi, dan di sisi lain merupakan faktor determinan kapabilitas yang merupakan sekumpulan keahlian dan keterampilan didalam mengkoordinasikan dan mengintegrasikan serangkaian sumber daya yang ada dalam suatu sistem keorganisasian, sehingga melahirkan serangkaian kompetensi yang kemudian secara sinerjik akan membentuk kompetensi inti atau sering diistilahkan pula sebagai kompetensi distingtif, yakni serangkaian kekuatan unik yang memungkinkan suatu organisasi meraih tingkat efisiensi, kualitas, inovasi, atau pun tanggapan pelanggan; yang kesemuanya mampu menciptakan nilai superior dan keunggulan bersaing.
Dalam konteks manajemen pada umumnya, belakangan ini kompetensi merupakan suatu kajian yang sangat menarik dan diminati para ilmuwan dan praktisi untuk mendiskusikan secara intens di berbagai seminar dan forum-forum ilmiah. Meskipun mereka telah bersepakat mendeskripsikan kompetensi sebagai sekumpulan kompleksitas unsur-unsur produktif serta keahlian dan keterampilan, yang mana suatu organisasi - baik yang bermotifkan laba atau nirlaba - dapat memposisikan dirinya berbeda dari pesaingnya; namun dalam bahasa sederhana kata kompetensi sering disimbolkan dengan: ”the ability to perform.”
Ketersediaan dukungan, disiplin, komitmen serta kepercayaan terhadap kemampuan diri sendiri, kesemuanya akan mampu melahirkan kinerja organisasi dalam upayanya menciptakan kompetensi-kompetensi baru secara berkelanjutan. Dengan demikian, kemampuan organisasi untuk terus menerus belajar dan berubah pada gilirannya akan mampu mengasah kompetensi inti yang dimilikinya. Dalam konteks ini, secara ilustratif dan konseptual kompetensi dapat dikonfigurasikan ke dalam unsur-unsurnya yang bersifat dinamis, sistematis, kognitif dan holistik. Pemahaman dan penghayatan yang mendalam terhadap keempat unsur tersebut akan memicu dan memacu manajemen untuk senantiasa menciptakan dan sekaligus secara sistematik menumbuh-kembangkan kapabilitas dan fleksibilitas serta meningkatkan koordinasi, integrasi, sinkronisasi, dan simplifikasi (KISS) berbagai sumberdaya yang dimiliki suatu organisasi hingga merupakan suatu kesatuan dinamis dan mengalir dimana komponen-komponen dan unsur-unsurnya tidak dapat terpisahkan satu dengan yang lainnya.
Tentunya, keempat unsur tersebut di atas, akan membingkai organisasi pada terbentuknya logika stratejik sebagai arahan manajemen berbasis kompetensi dalam mengidentifikasi, mengendalikan dan memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya. Khususnya yang berkenaan dengan strategi pengembangan sumberdaya manusia, maka hal ini secara langsung akan terkait dengan karakteristik kompetensi, baik yang kasat mata, seperti halnya ketrampilan teknikal; dan yang bersifat lebih tersembunyi, seperti: konsep diri; sifat, dan juga motif.
Tentunya, kesadaran terhadap komitmen untuk terus melanggengkan kompetensi-kompetensi baru secara konsisten, akan mengarah pada terbentuknya keunggulan bersaing organisasi yang berkelanjutan. Jika perpaduan antara sumberdaya dan kapabilitas mampu memenuhi keempat kriteria, yakni bernilai tinggi, langka, membutuhkan biaya yang relatif besar untuk menirunya dan terorganisir dengan baik. Organisasi yang telah maju terus mengembangkan pelbagai program kompensasi yang lebih komprehensif untuk mendorong komitmen para pekerja meningkatkan kompetensinya, dengan memperlakukan  mereka sebagai mitra dalam bisnis, diantaranya dengan menyusun suatu rencana imbalan dengan menawarkan berbagai besaran upah diatas rata-rata yang dikombinasikan dengan insentif dan tunjangan ekstensif. Dalam hal ini, termasuk juga memberikan bagian laba di saat organisasi bisnis mengalami lonjakan pendapatan dan “berbagi rasa” pada saat mereka mengalami tahun-tahun penurunan pendapatan. Disamping itu memberikan suatu paket tunjangan guna memperjelas bahwa para pekerja dipandang sebagai investasi jangka panjang. Bentuk pembayaran upah yang langsung, yakni gaji, insentif, komisi  dan bonus; sementara yang tidak langsung adalah bentuk tunjangan, seperti asuransi, perawatan dan masa cuti. Upah berbasis kompetensi akan diberikan dengan berpegang pada kisaran, kedalaman, dan jenis ketrampilan serta pengetahuan yang mampu ditunjukkan melampaui jabatan yang diembannya. Tentu dalam hal ini, perlu dibedakan antara upah berdasarkan kompetensi  dan upah berdasarkan jabatan. Khusus untuk upah berdasarkan kompetensi para pekerja diberi sertifikat  kompeten dalam bidang pekerjaan yang dituntut oleh jabatannya.
Berpijak pada kriteria di atas, maka posisi tawar suatu organisasi yang didukung oleh kompetensi yang bernilai superior tentunya akan mampu menerobos peluang dan sekaligus mengelak dari ancaman yang dihadapi, apalagi dengan didukung oleh penguasaan kompetensi yang langka, akan diperlukan pengorbanan yang relatif besar supaya dapat terhindar dari suasana intimidatif, serta terorganisir secara prima, yang mana kesemuanya ini akan mewujudkan keunggulan bersaing dalam meraih tujuan yang telah ditetapkan.
Last but not least, dalam memasuki era Indonesia baru, yang dicirikan tidak hanya oleh kepentingan dan tuntutan nasional atau lokal semata, namun juga tuntutan internasional atau global;  agar diperoleh kemampuan bersaing yang berkesinambungan, maka organisasi bisnis perlu dibekali manajemen berbasis kompetensi, tanpa mengabaikan terpenuhinya ketiga karakteristik dasar, yakni mampu melahirkan nilai superior bagi si pelanggan, terbedakan secara jelas dan unik dari para pesaingnya, serta dimilikinya potensi untuk terus ditumbuhkembangkan.
                                                 
Jakarta, 22 Februari 2012
           Faisal Afiff

                                                                                                

0 komentar:

Posting Komentar